Translate

Pages

Selasa, 06 Juni 2017

Ajukan Re-akreditasi, Progdi Manajemen Informatika dan Teknik Elektronika Divisitasi BAN-PT

Kajen - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali melakukan proses Visitasi Akreditasi Program Studi di Politeknik Muhammadiyah Pekalongan, Jum'at-Ahad (19-21/5).

Empat Asesor BAN-PT yang melakukan proses visitasi adalah Dr. Fransisco Danang Wijaya,ST, MT - UGM Yogyakarta bersama Ir. Muhammad Luqman, MS - POLINEMA Malang yang melakukan Visitasi untuk Program Studi Teknik Elektronika serta  Drs. Edy Edwin, S.Kom, M.Kom - POLTEK Jakarta dan Iwan Hartadi Tri Utomo, ST, M.Kom - UTY yang Yogyakarta melakukan Visitasi untuk Program Studi Manajemen Informatika.

Direktur Politeknik Muhammadiyah Pekalongan, Aslam Fatkhudin M.Kom mengatakan, pada akreditasi kali ini, hanya dua Program Studi dari tiga Program Studi yang divisitasi, Sedangkan untuk Program Studi Teknik Mesin Otomotif belum divisitasi, Karena Proses Pengajuannya sudah Menggunakan SAPTO (Sistem Akreditasi Online).

"Alhamdulillah dua Program Studi sudah divisitasi, tinggal menunggu Progdi Teknik Mesin yang belum divisitasi. Tahun ini kita memang Mengajukan re-akreditasi (baca: Akredritasi Ulang red) untuk 3 Program Studi setelah akreditasi pertama tahun 2012 lalu" Ujarnya.

Menurutnya beliau, dengan adanya Proses akreditasi tersebut, merupakan bukti bahwa Politeknik Muhammadiyah Pekalongan tidak asal-asalan dalam pengelolaanya.

“Setiap tahun, kita selalu melakukan peningkatan terhadap mutu pendidikan,SDM, managerial serta pelayanan terhadap mahasiswa, Untuk Penjaminan Mutu Internal kampus kita ada Lembaga JAMU, sedangkan Akreditasi BAN-PT ini merupakan penjaminan mutu dari eksternal dengan standar-standar yang sudah ditapkan oileh BAN-PT” Ujarnya.

Ketua Program Studi Manajemen Infotmatika, Imam Rosyadi, SE, M.SI menambahkan, saat ini marak perguruan tinggi yang asal-asalan dalam mengelola. Banyak pula yang memperjual belikan ijazah. Dengan adanya akreditasi ini, maka diharapkan masyarakat tak perlu khawatir dengan kualitas dan lembaga pendidikan yang sudah diakreditasi tersebut.

“Politeknik Muhammadiyah Pekalongan menjamin, bahwa mahasiswanya secara resmi terdaftar dalam Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, Pengelolaannya juga tidak asal-asalan” ujarnya.

Proses Akreditasi sudah diawali pada awal tahun 2017 dengan penyusunan Borang, Pengajuan Borang ke BAN PT. Visitasi adalah Proses Terkahir dari akreditasi perguruan tinggi.

"Setelah Visitasi kita menunggu hasil atau nilai. Mudah-mudahan kita mendapat nilai yang terbaik sehingga Masyarakat semakin Percaya dengan kualitas dan mutu Politeknik Muhammadiyah Pekalongan"tandasnya

“Pada tahun 2015, Institusi Politeknik Muhamamdiyah Pekalongan (AIPT) sudah di-akreditasi dan untuk tahun ini, ketiga Progdi mengajukan Re-kareditasi. Alhamdulilah Progdi MI dan TE sudah divitasi tinggal Progdi Teknik Mesin yang belum” Ujar Titis AJi Wicaksono, Wakil Direktur Akademik.

Visitasi yang dimulai dari pagi hingga malam ini, dimulai dengan melakukan tinjauan langsung ke fasilitas pendikan Politeknik Muhammadiayah Pekalongan, mulai dari Laboratorium, Perpustakaan, Ruang Perkuliahan, hingga Ruang Pelayanan mahasiswa.

Selain itu, dilakukan pula interview langsung kepada mahasiswa, alumni serta instansi pengguna (stake holder) lulusan dari Kedua Program Studi yang divisitasi.
Selanjutnya, dilakukan klarifikasi kelengkapan berkas sesuai dengan borang yang sudah diajukan ke BAN-PT oleh Politeknik Muhammadiyah Pekalongan. (ADH)